Audit Desain Dengan Prinsip Heuristik

Resource / 10 Oktober, 2019

Halo Fellow Designer!

Pernahkah temen-temen dapat projek desain dan di tugas awalnya diminta klien untuk mereview UX dari website dan apps yang sudah existing? Biasanya temen-temen mereview apanya? Apakah ada pedoman agar memudahkan pekerjaan kita?

Untungnya, jawabannya adalah YA.

By the way, pekerjaan review ini dikenal juga dengan istilah-istilah lain, misalnya: Heuristic Evaluation, Expert Review atau kadang disebut juga Design Audit. Semua istilah ini merujuk pada satu kegiatan yang sama, yaitu melakukan evaluasi dengan menggunakan 10 prinsip usability.

Apa itu Prinsip Heuristik?

Heuristics (He-u-ris-tiks) secara harfiah artinya:

“Penyelidikan yang dilakukan oleh diri sendiri”

Metode evaluasi ini dikenalkan oleh Jacob Nielsen, pendiri Nielsen-Norman Group, sebuah institusi riset yang memiliki fokus pada User Experience.

Metode ini diciptakan untuk membantu peneliti dan desainer untuk mengecek dan mencari tahu problem Usability atau kebergunaan dari website dan digital produk lainnya.

Mengapa Heuristik?

Evaluasi Heuristik ini bisa digunakan seperti P3K atau pertolongan pertama dalam proses redesign suatu produk digital.

Bisa digunakan untuk mencari tahu problem usability di awal sebelum melakukan riset lebih lanjut, misalnya Usability Testing.

Kartu Heuristik

Untuk memudahkan kami mengecek dan mencari tahu problem Usability atau kebergunaan dari website dan digital produk lainnya., kami membuat kartu panduan audit desain dengan prinsip heuristik.

Team Giza melakukan Evaluasi Heuristik

Dengan kartu ini diharapkan bisa membantu proses evaluasi heuristik secara tim ataupun individual, serta untuk orang awam dapat mudah dipahami dengan kartu panduan ini.

Kartu Heuristik Visibility Of System Status
Kartu Heuristik Consistency And Standard

Kabar baiknya adalah kartu panduan ini kita bagikan secara GRATIS. Temen-temen dapat download kartu panduan heuristik ini dengan klik tombol dibawah.

Apa Kata Expert

Rizki Mardita, Product Design Senior Lead

Untuk tau apakah there is something wrong with our design. Kenapa penting:
1. Heuristic Evaluations jadi success measurement untuk design kita
2. Untuk tau issue design Kita sebelum diketahui oleh user kita atau sebelum di release ke user
3. Untuk competitor analysis dan mengambil beberapa insights positive dari competitor atau aplikasi serupa.

Giza has a new approach and a really good approach, easy to follow, easy to implement, so everyone understands and it will be something more fun. I think I’ll do the same thing.

Share to

Ready to involve us to your project?